Thursday, October 24, 2013

Geng Motor



ateroz.blogspot.com
Give Away



Problematika Remaja Indonesia/Kenakalan remaja : Geng Motor



 
Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini dan kemajuan jaman yang ada, kenakalan remaja sudah melebihi batas norma dalam masyarakat. Remaja sekarang cenderung bersikap acuh-tak acuh akan sikapnya terhadap orang lain, perkataan dan tingkah laku yang merugikan orang lain.

Sudah tentu kita banyak mendengar kenakalan remaja di Indonesia ini seperti merokok, pernikahan dini, seks diluar pernikahan, aborsi, HIV/AIDS dan marak sekarang ini sampai dikalangan artis adalah miras dan penggunaan narkoba.

Sekarang saya sedang menekankan pada tingkah laku geng motor yang sedang marak di Indonesia. Geng motor sudah mendapat perhatian khusus karena perilaku mereka yang sangat merugikan masyarakat. Remaja-remaja pelaku geng motor tidak segan mengeroyok dan membunuh lawannya. Macam-macam alasan mereka ikut bergabung dengan geng motor, namun yang jelas kebanyakan dari mereka hanya ingin eksis dan diakui dalam pergaulan. Mereka ingin diperhatikan, ingin dilihat wah dan ingin dilihat hebat di mata orang lain. 

Hal lain yang ada karena sebagian dari mereka hanya ikut-ikutan ketika kejahatan dilakukan. Mereka tertawa ketika mereka beraksi, banyak mata masyarakat memandang mereka, perilaku urakan ini justru menjadi kesenangan bagi mereka. Bagi remaja yang ikut-ikutan dan tidak bermaksud melakukan kejahatan pun akhirnya ikut terpengaruh karena bersembunyi di balik kata ”banyak orang, tidak aku saja yang melakukan”.

Mengkaji hal ini berdasarkan norma yang ada. Secara norma agama tentu saja hal ini sangat bertentangan. Melakukan tindak kejahatan dan merugikan orang lain. Agama mengajurkan kita berbuat baik bahkan membantu sesama. Secara norma kesusilaan, melakukan pelecehan seksual adalah salah satu dari pelanggaran norma kesusilaan. Secara hukum tentu saja kejahatan harus ditindak dengan adil dan bersih. 

Mengetahui hal ini, sepatutnya pihak terdekat dari remaja yaitu keluarga memberi bimbingan kepada anak, mengarahkan secara baik dan mengawasi tindak tanduk anak. Pergaulan dan kesadaran diri sendiri juga sangat mempengaruhi perilaku seseorang. Remaja perlu dibina dan diberi keterampilan untuk menyibukkan mereka sehingga mereka tidak mempunyai waktu ketika bermain dengan orang-orang yang tidak baik. Pengetahuan keagamaan dan nilai-nilai agama perlu ditanamkan sedini mungkin sehingga mereka tidak sungkan dan menolak bergabung dengan geng motor.

Geng motor tidak hanya ada di Indonesia tetapi juga ada di berbagai belahan dunia. Sebut saja Amerika Serikat yang memiliki geng motor bernama Outlaws. Geng ini kerap melakukan aksi kriminal dan tindakan ilegal seperti transaksi narkoba secara terbuka, perdagangan senjata, pemerasan, pembunahan, serta prostitusi.


Oleh karena itu, selain dari pihak terdekat mengatasi masalah kenakalan remaja dalam hal geng motor, secara luas pemerintah perlu memberi perhatian khusus kepada geng motor ini, mungkin yang semula dimulai dari klub motor yang menyalurkan hobi mereka bersepeda motor tetapi akhirnya berujung negatif ketika bermotor mereka melakukan kejahatan keji bahkan sampai menghilangkan nyawa seseorang. Berikan peraturan-peraturan khusus, tindak tegas perilaku geng motor yang meresahkan masyarakat dan beri efek jera ketika remaja geng motor tertangkap tangan melakukan kejahatan. Akhir kata semoga geng motor dapat dihentikan dan "geng motor" tidak menjadi kategori baru kenakalan remaja di Indonesia.

Sumber : 




           

2 comments:

  1. Pas SMP-SMA sering temenan sama yg masuk geng motor, sebenernya mereka-mereka itu baik, cuma gara-gara ada masalah internal di keluarganya, mereka jadi masuk geng. Berprilaku kriminal.
    Dari mereka saya jadi tahu ttg geng motor di Bandung, ada XTC, Brigez, GBR, Moonraker, SRI. :D

    ReplyDelete
  2. iya... dan masalahnya "berperilaku kriminal" ini yang gk boleh. sah3 aja masuk geng motor. banyak pengalaman, motivasi di dapat dr sana. Kembali ke pribadi masing2. coba masuk geng motor di bawah naungan perusahaan tertentu. misal kawasaki. :)

    ReplyDelete